Kumpulan Hadis Nabi Tentang Jodoh Dalam Islam

Berbicara berkaitan dengan jodoh, maka kita akan bisa menemukan banyak hadis nabi tentang jodoh saat ini. Sebagai seorang islam tentunya dengan adanya hadis nabi ini akan menjadi salah satu petunjuk untuk bisa mendapatkan jodoh yang sesuai dengan syariat islam. Jodoh memang menjadi satu rahasia Allah yang bahkan manusia sendiri tidak pernah tahu ke depannya akan menemukan jodoh kapan dan siapa. Meskipun jodoh merupakan salah satu rahasia dari Allah, namun sebagai seorang manusia kita juga harus berusaha untuk bisa mendapatkan jodoh yang kita inginkan dengan cara yang diridhoi oleh Allah dan sesuai dengan sunah nabi. Dalam ajaran islam, jodoh memang bisa disamakan dengan takdir. Artinya jodoh juga bisa disamakan dengan istilah dalam mencari rezeki. Kalau kita mau berusaha dalam mencari jodoh, maka jodoh akan datang sendiri kepada kita pada waktu yang tepat. Dan bila kita tetap berusaha dan terus berdoa pasti kita akan segera dipertemukan oleh Allah dengan jodoh kita. Maka janganlah berputus asa bila anda sampai sekarang belum bisa menemukan jodoh anda, teruslah berusaha dan berdoa meminta petunjuk kepada Allah supaya kita segera dipertemukan dengan jodoh kita. Dan supaya kita bisa segera melaksanakan sunah rosulnya yaitu menjalankan/melangsungkan acara pernikahan.

hadis nabi tentang jodoh

Hadis Nabi Tentang Jodoh dan Kaitannya Tentang Aturan Mencari Jodoh

Untuk lebih memahami berkaitan dengan aturan jodoh yang ada di islam, maka berikut ini ada beberapa tanda jodoh dalam islam yang bisa dijadikan satu hal yang memotivasi diri kita untuk mendapatkan jodoh, diantaranya adalah :

  1. Dalam mencari seorang yang akan menjadi jodoh kita usahakan memilih orang yang mampu memahami dan juga memaklumi keadaan diri kita sendiri apa adanya.
  2. Carilah jodoh yang akan mengampuni semua kesalahan yang telah kita perbuat selama ini. Dalam hal ini kita harus bisa mencari jodoh yang akan memberikan maaf secara mudah atas apa yang telah kita lakukan.
  3. Dalam menentukan jodoh yang menjadi pasangan kita kelak, kita harus mencari jodoh yang bisa memotivasi diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik untuk ke depannya.

Beberapa Hadis Nabi Tentang Jodoh

Dengan beberapa tanda dari jodoh yang ada di atas diharapkan memang akan menjadi satu motivasi dan semangat bagi kita yang sedang mencari jodoh. Dalam menentukan jodoh akan ada beberapa hadis nabi yang bisa kita jadikan acuan bagi kita untuk mencari jodoh, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Dalam sebuah hadis yang telah diriwayatkan oleh Thabrani dan Hakim mengatakan kalau dengan kita menikah dan menemukan jodoh kita, maka kita sudah melangkapi setengah dari kewajiban kita dalam menjalankan agama. Setengahnya lagi adalah bagaimana nantinya kita akan menjalani kehidupan pernikahan kita untuk ke depannya.
  2. Hadis lain yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim juga menyatakan kalau seorang wanita yang akan dinikahi oleh jodoh dikarenakan ada 4 hal yang harus ada di diri perempuan tersebut. 4 hal tersebut diantaranya adalah karena hartanya, kecantikannya, keturunannya dan yang terakhir adalah karena agamanya. Yang terpenting dalam memilih wanita sebagai jodoh kita adalah memilih wanita karena agamanya saja.
  3. Sebuah hadis nabi yang diriwayatkan oleh Abu Daud menyatakan kalau ada seseorang yang menikahi jodohnya karena Allah, maka akan dibuat sempuran keimanan dari orang islam tersebut.
  4. Hadis lain yang diriwayatkan oleh HR Muslim menyatakan bahwa seorang wanita yang akan menjadi sebaik-baiknya wanita adalah wanita ataupun istri solehah yang selalu menjalankannya kewajibannya kepada sang suami.

Beberapa hadis nabi yang ada diatas bisa dijadikan sebagai salah satu acuan dalam memilih jodoh bagi kita yang masih belum mendapatkan jodoh sampai saat ini. Dalam memilih jodoh baik itu perempuan atau laki-laki berdasarkan hadis nabi usahakan dan harusnya kita memilih karena agamanya. Dan untuk urusan jodoh ini semuanya pasti sudah tau bahwa jodoh itu sudah diatur oleh Allah SWT sebelum kita lahir. Jadi bersabarlah buat kalian yang masih belum menemukan/mendapatkan jodoh, karena sebenarnya dari setiap orang itu sudah ada jodohnya masing-masing. Untuk menemukan/mendapatkan jodoh juga seharusnya kita tetap berusaha mencari dan tetap berdoa pada sang ilahi bukan hanya duduk diam menanti sang jodoh datang. Karena sebenarnya jodoh itu juga merupakan rejeki dimana rejeki itu tidak akan datang bila kita hanya diam saja tanpa adanya usaha. Maka dari itu untuk semua orang yang belum menemukan/mendapatkan jodoh marilah kita selalu semangat dan jangan lupa berdoa untuk menemukan jodoh kita itu.

Beberapa hadis nabi diatas juga sudah cukup kumplit menjelaskan bagaimana tentang jodoh itu, dan seperti apa jodoh yang seharusnya kita cari. Dan jangan hanya mencari jodoh yang hanya dilihat dari luar/penampilannya saja tapi juga lihatlah dari dalam hatinya. karena sebenarnya janji Allah SWT itu nyata yaitu wanita yang baik diperuntukan untuk lelaki yang baik begitupun sebaiknya lelaki yang tidak baik diperuntukan untuk wanita yang tidak baik. Maka dari itu jodoh kita sebenarnya adalah cerminan dari diri kita sendiri. bila anda menginginkan wanita/lelaki yang baik sebaiknya juga anda harus jadi orang baik tapi bila anda itu adalah orang yang sedang memperbaiki diri maka anda juga akan dipertemukan dengan jodoh yang sedang memperbaiki diri juga karena itulah jodoh itu adalah cerminan dari diri kita sendiri. Berkacalah supaya anda tahu seperti apa diri anda sebenarnya dan anda juga akan mengetahui seperti apa jodoh anda nantinya. Dan marilah kita berusaha sekuat tenaga dan berdoa supaya Alloh SWT segera mengirimkan jodohnya kekita, karena hasil tidak akan menghianati usaha. Kalau kita semakin berusaha dan terus berdoa pasti tuhan akan segera mengirimkan jodoh kita yang sebenarnya. Karena semua itu juga disebutkan pada hadis nabi tentang jodoh yang sudah dikatakan diatas. Percayalah pada sang ilahi karena suatu saat nanti kita pasti akan menemukan jodoh kita yang sebenarnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *